entah ada angin apa yang menerepa saya,…karena perut keroncongan,yang ada dipikiran makan mulu,.
tapi bingung mau makan apa,..soale makan itu-itu ajah gak ada seni’a(gkgkgkkg,..kaya apa jah makan pake bingung).hehehe.

akhirnya dengan gaya sebakul,padahal jarang sekali saya googling dengan kata kunci resep makanan,.tapi tiba-tiba langsung terpikir saja mau cari resep makanan yang khas.saking ngebetnya pengen masak sendri,saya putuskan bener-bener ngubek mbah google,..tak lupa saya cari dengan kata kunci resep masakan khas daerah.beberapa saat muncullah resep masakan yang disuguhkan mbah google,uuhhh banyak sekali,beragam bener masakan indonesia,..sebenarnya sih tak heran jika masakan khas di indonesia itu beragam,solanya semenjak blog ini dibuat,saya sudah menuliskan (tepatnya mengcopas dari wikipedia),beragam masakan indonesia,kalo mau liat ada di sini loch.

Nah,dari hasil penulusuran,saya menemukan sebuah resep makanan yang belum pernah sama sekali saya tahu sebelumnya,namanya ajah asing ditelinga saya,hehehhe (maklum jarang jalan-jalan mencari kuliner).Masakan ini sudah saya praktekan,..tapi mbok’a namanya emang gak berbakat masak,meskipun dalam resepnya terlihat mudah,tetep ajah gak bisa-bisa(cabe deh).hik.mendingan tanya teman-teman aja deh yang tau,dimana makanan itu berada (khususnya di Jakarta).gak perlu masak deh,udah nyerah.

Mau tau gak sobat-sobatku tercinta,..masakan apa yang saya pengen belakangan hari ini.
ini dia penampakannya,jujur saya Liat gambar ini,jaadi kepengen.(tidak sedang ngidam loch,cuma pengen ajah).hehehe.

Tentang makanan Kasoami *soami* dan resepnya.
Kasoami (soami) adalah salah satu makanan khas sulawesi tenggara yang terbuat dari ubi. Proses pembuatannya bagi sudah terbiasa tentu tidak sulit. Tapi bagi pemula tentu memerlukan kesabaran dalam proses pembuatannya.
Kasoami sangat enak bila dinikmati dengan ikan asin. Cara membuatnya, ubi yang sudah dibersihkan diparut. Setelah itu ubi diperas. Biasanya proses ini memerlukan peralatan khusus untuk memerasnya. Peralatan ini intinya berfungsi untuk bagaimana agar ubi yang diperas itu cepat kering.

Setelah dipastikan ubi sudah kering maka proses berikutnya adalah pekerjaan pengukusan. Media pengukusan biasanya terbuat dari daun kelapa yang sudah dianyam dan berbentuk topi (piramida)

Proses pengukusan biasanya berlangsung antara 20 sampai 30 menit. Pengukusan biasanya baru selesai setelah didapatkan tanda-tanda yang dilihat dari uap yang keluar. Atau sudah dipastikan ubi yang dikukus telah menyatu dan telah berubah warna. Perubahan warna biasanya dari putih ke warna agak kekuning-kuningan.

Proses berikutnya adalah menikmati kasoami (soami). Untuk menikmati dengan rasa sempurna, maka sebaiknya disediakan lauknya. Ikan kering, ikan bakar, sayuran dan bahkan bisa juga dimakan saat menikmati minuman teh.

Seandainya kita malas untuk membuat, maka khusus untuk anda yang berdomisili di kota Kendari jajanan makanan ini bisa diperoleh pada pasar-pasar tradisional. Biasanya baru kita jumpai makanan ini di jual menjelang malam.(enak ya ,yang dikendari,tinggal kepasar ajah)hik.

Selain di pasar ikan, makanan ini juga banyak dijual di pasar lawata Kendari. Untuk pendapatkan makanan ini pastikan sekitar jam 16.30 anda kepasar. Karena pada jam-jam itulah penjual kasoami baru menjajakan jualannya.

sumber artikel :
nah,untuk resepnya saya copas dari sini soalnya saya gak pintar menulis resep.ga apa-apa ya saya copas.tujuannya baik loch,untuk berbagi bagi para koki atau pecinta kuliner indonesia.hehehehe.selamat mencoba,semoga berhasil.