Saya kira,Ga bisa dipungkiri bahwa,semua orang yang sedang ataupun yang lagi belajar ngeblog seperti saya ini,Dalam hati atau seengga nya ada keinginan dalam pikirnya bahwa,Entah apapun isi blog yang dibuatnya,ingin banyak dikunjungi oleh para pengunjung,baik umum atau oleh para sahabat bloger lainnya.untuk mendapatkan komentar dari orang lain tentang blog yang kita buat atau ingin menaikan traffic blog kita.Berbicara masalah blog,tentu ga lepas dari yang namanya Promosi Blog.


Ya Promosi Blog ,agar blog kita diketahui oleh orang lain.seengganya teman atau sahabat kita tau,untuk sekedar berkomentar atau memberikan masukan dan kritikan atas blog kita.Nah,untuk Masalah Promosi saya rasa semua blogers udah pada ngelakuin,Baik mendaftarkan blognya ke mesin pencari seperti google ,yahoo,MNS atau yang lainnya dan saya rasa juga cara mendaftarkan blog ke mesin pencari itu wajib.hhehehe.Cara-cara promosi seperti ini juga sudah banyak ditulisakn oleh para blogers didunia maya,dengan cara penyampaian yang berbeda-beda.

Jujur,saya bukan ahlinya dalam hal ini,karena sampai saat ini berbagai cara pun masih banyak cara yang belum saya pelajari  agar blog saya banyak dikunjungi.Disini saya sedikit hanya ingin berbagi dengan cara penyampaian saya.tentang pengalaman dimana saya mendapatkan pemebelajaran cara mempromosikan blog.mudah-mudahan ada sedikit yang bisa diambil dari tulisan ini.

Berikut Cara-cara untuk mempromsikan Blog adalah :

1. Mendaftarkan Blog ke Seach engine.
seperti Google,yahoo,mns dll.
2. Mendaftarkan Blog ke social Bookmarking.
seperti digg.com,buzz.yahoo.com,technorati.com,del.icio.us ,dll.

3. Gabung kebeberapa sosial Community network.
4. Mendaftarkan Blog kita ke Rss Subminission.
5. Mendaftarkan Blog ke website directory.
seperti google directory,dmoz directory ,dll.

6. Menggunakan Email Signature .
seperti Gmail,ymail,dll.
7. Ikut FORUM DISKUSI
8. Melalui Facebook dan Twitter.
Meski blog kita masih sederhana dan gak bagus,Jangan malu atau ragu untuk mempromosikan blog di facebook dan twitter.
dengan cara menuliskan didinding,atau langsung mengenalkan blog kita lewat chat atau pesan kepada teman-temen difacebook.

9. Blogwalking atau mengunjungi Blog Teman.
Nah,yang terakhir ini adalah yang ingin saya jadikan sebuah kekebiasaan.selain bersilturahmi dan menambah sahabat,saya juga berasa bener-bener berinteraksi.Cara ini adalah Berkunjung keblog teman atau biasa disebut Blogwalking.Dengan memberikan komentar dipostingan,berkenalan dibuku tamu,atau sapaan di page about me blog teman.apa gunanya,..?meski sederhana tapi,saya merasa inilah yang asik dan enaknya ngeblog,bisa saling mengunjungi dan saling mengenal antar blogers.apa yang kita dapatkan dengan menunjungi blog teman..?.pertama,secara tidak langsung diharapkan pemilik blog,berkunjungan balik dan memberikan komentar diblog kita.Kedua,Selain pemilik blog yang diharapakan berkunjung keblog kita,tentu ada juga pengunjung lain yang ada diblog yang kita kunjungi,yang mungkin mengujungi blog kita.Dan hal ini ingin saya biasakan agar selalu terjalin interaksi,meski hal ini baru-baru saya lakukan.
Memanfaatkan blog friend yang ada diblog .seRajin mungkin dalam setiap ngeblog,empat atau lebih blog teman saya kunjungi dan saya melakukannya disaat waktu luang,entah ga ada ide untuk postingan atau ga da hal lain untuk dikerjakan.daripada saya bengong,pikirian mandek.mending meluncur keblog-blog teman.karena sepengalaman saya dari mengunjungi blog teman,ide pun untuk blog kita selalu ada.Banyaak.hhe.

Mungkin itu saja yang saya ingin bagikan.Saya selalu merasa masih banyak cara untuk mempromosikan sebuah blog.mungkin dari sahabat ada yang mau berbagi atau menambahkan cara-cara yang lain…?hhhee.