Sebagai orang Indonesia Rasanya Gue bangga dengan para musisi-musisi hebat indonesia. Mungkin belum banyak yang kita tahu tentang kualitas musik indonesia yang disuguhkan oleh para musisi indonesia secara keseluruhan. Secara ga sadar, saat ini masyarakat indonesia slalu disuguhkan musik yang menurut saya kualitasnya masih kurang baik. Musik Indonesia yang sering sekali disuguhkan kurang begitu mementingkan skil atau kualitas dari musisinya sendiri, hanya karena mengejar keuntungan semata, para pelaku industri rela mengecilkan kualitas musik Indonesia. Dan hasilnya, masyarakat Indonesia dicekoki oleh musik-musik yang hanya menyuguhkan gaya saja dan memiliki kualitas kurang baik.Akan tetapi hal itu tidaklah menyurutkan mental musisi jempolan Indonesia. Susahnya akses beraksi di dalam negeri, justru dimanfaatkan mereka untuk melebarkan sayapnya ke luar negeri.
Dan, berkat kegigihan dan kerja keras mereka. alhasil karya-karya mereka sangat membanggakan karena ternyata para musisi itu mendapatkan apresiasi positif oleh masyarakat mancanegera. Buktinya, mereka kerap menjadi bintang tamu dalam berbagai acara internasional.

Adapun musisi atau Band yang terkenal diluar negeri itu diantaranya.

1. THE SIGIT

thesigit

Band asal Bandung , Jawa Barat itu, sempat dibahas dalam majalah musik NME pada 2005 silam. Sama seperti GBS, The Sigit juga lebih memilih label luar negeri, ketimbang dalam negeri, yakni Australia.
Pada Juni 2007, The Sigit pun pernah mendapatkan acungan jempol oleh masyarakat Australia, lewat turnya yang dilakukan selama sebulan.
Tak hanya Australia, The Sigit juga pernah melakukan tur ke sejumlah kota di Amerika dan Hong Kong. Lalu, pada tahun ini, The Sigit terpilih menjadi perwakilan Indonesia dalam festival musik Rock and Roots di Singapura.

2. Gugun Blues Shelter

Gugun Blues Shelter

and Indonesia beraliran blues ini, dibentuk di Jakarta pada 2004. Band yang digawangi oleh Gugun (gitar), Jono (bass), dan Bowie (drum) itu, telah merilis tiga album, yaitu Get The Bug (2004), Turn it On (2007), dan Gugun Blues Shelter (2010). Album-album tersebut dirilis di Amerika Serikat, serta hanya dipasarkan di Amerika dan Eropa.
Sebelum tenar, GBS dikenal lewat berbagai kompetisi internasional. Dan salah satu prestasi terbaiknya adalah tampil sebagai band Indonesia dan Asia tenggara pertama dalam festival musik terbesar di dunia di Hyde Park, London, Inggris. Salah satu Lagunya ; Its time to rule the world.

3. White Shoes and the Couples Company

White Shoes and the Couples Company

Salah satu Band jebolan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) itu mampu membuktikan bahwa musik dengan bahasa Indonesia mampu berbicara di pentas internasional. Album pertama mereka dirilis oleh label asal Chicago, Minty Fresh, yang juga sukses mempopulerkan The Cardigans. Pada 2008 lalu, White Shoes bermain berkesempatan bermain di Amerika dalam CMJ Music Marathon dan SXSW Music Festival. Dan pada tahun ini, mereka juga mengadakan tur Eropa, di antaranya di Prancis dan Belanda.

4. Mocca

Mocca

Satu Lagi, Band indie asal Bandung, Jawa Barat, yang mengawali perjalanannya ke mancanegara, tepatnya di Singapura pada 2005. Saat itu ,album Mocca dirilis oleh label asal Singapura, Fruit Records.
Setelah itu, album mereka juga dirilis oleh label Malaysia, Jepang dan Korea. Karena memiliki penggemar yang begitu besar di Jepang dan Korea, sejumlah agensi iklan di negara tersebut sempat menjadikan lagu band tersebut untuk produk iklan.

5. The Tielman Brothers

The Tielman Brothers

The Tielman Brothers merupakan band tertua Indonesia yang masuk ke dapur rekaman mancanegara, tepatnya pada era 1950-an. Namun, grup band yang terkenal dengan aksi lompatan dan gulingannya itu, justru tak populer di dalam negeri. Mereka justru begitu populer di Eropa.
Padahal, salah satu personelnya, Andy Tielman adalah orang yang pertama kali mempopulerkan aksi bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala dan di belakang badan. Jauh sebelum Jimmy Hendrix dan Jimmy Page.
Dan, salah satu prestasi The Tielman Brothers adalah ketika dipercaya sebagai band pembuka The Beatles.

*Itu beberapa tuh Band – band Indonesia nya. Tapi gue juga yakin kalo masih banyak Band Indonesia yang berkualitas dan terkenal di Luar negeri. Kalo ada tambahan monggo brader & sista dikoment, itung – itung nambahin pengetahuan kita akan Musisi indonesia yang mampu bekarya di negeri orang.

Sumber : Kaskus