Info wisata pulau tidung.sumber dari bataviase.co.id.

Wisata Eksklusif Nan Murah Meriah

ADALAH Pulau Tidung yang selalu siap menyajikan tempat wisata eksklusif bagi warga Jakarta. The hidden resort ini terletak di kepulauan Seribu Selatan bagian barat. Terdiri dari dua pulau, yakni Tidung Besar dan Tidung Kecil. Kedua pulau ini terhubung oleh jembatan kayu sepanjang 1 km.

Menuju Tidung, bisa dari pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Anda bisa menggunakan ojek perahu dengan tarif Rp 33 ribu per orang. Waktu keberangkatan ojek setiap pagi hari pukul 07.15 WIB.Namun, karena kecepatan kapal sangat terbatas, waktu tempuhnya relatif lama, sekitar tiga jam. Jangan dulu resah, sebab di sepanjang perjalanan mata bakal disuguhi rangkaian pemandangan cantik. Yakni pulau-pulau perawan nan rimbun dan biru air
laut bcrpadu harmonis. Terlebih, jika waktunya pas dengan rombongan burung-burung yang mencari ikan di laut.

Tiba di Tidung Besar, Anda cukup berjalan kaki menuju penginapan. Di pulau ini terdapat tiga penginapan. Umumnya berupa rumah dengan satu atau dua kamar tidur, kamar mandi, dapur dan teras belakang yang langsung bertepikan pantai. Tarifnya pun cukup terjangkau di kelasnya. Berkisar Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu per malam.

Berkeliling pulau jadi kegiatan lazim dilakukan turis di Tidung Besar. Kalau tidak mau lelah, penduduk menyediakan sepeda yang disewakan per hari dengan tarif Rp 15 ribu per sepeda. Namun, harus jeli memilih. Pastikan sepeda yang Anda sewa dalam kondisi baik, supaya aman dalam perjalanan.

Bersepeda berkeliling pulau merupakan kegiatan menarik dan menyenangkan. Meski medannya berupa jalan datar, bahkan di kawasan rumah penduduk jalannya berupa paving block, pemandangan kiri dan kanan kebanyakan berupa barisan pohon kelapa dan cemara hijau nan asri.

Selain menikmati keindahan alam, Anda bisa juga memandangi buah pembangunan yang cukup rapi dan teratur. Misalnya Puskesmas dan kantor kelurahan yang berarsitektur senada. Juga beragam bangunan sekolah dengan tingkat kebersihan dan kenyamanan yang baik.

Kalau tertarik, Anda bisa juga berbaur dengan penduduk sekitar. Melihat gaya hidup orang pulau seperti mengumpulkan ikan. Yang pasti, kondisi geografis penduduk pulau ini menjadikan ragam kegiatan mereka jauh beda dengan penduduk daratan.

Penduduk sekitar pun cukup jeli melihat peluang usaha dari wisata. Selain menyediakan tempat penginapan dan penyewaan sepeda, banyak juga yang menjual wisata kuliner. Jadi kalau lapar atau haus, tak perlu khawatir.
Bagi Anda yang kelelahan bersepeda berkeliling pulau, bisa menikmati segarnya air kelapa. Apalagi, umumnya iklim pantai adalah panas. Air kelapa segar langsung dari pohon terasa begitu nikmat, seperti soda susu.

Kalau sudah puas berkeliling Tidung Besar, perjalanan bisa dilanjutkan ke Tidung Kecil lewat jembatan yang menghubungkan kedua pulau ini. Jembatan yang terbuat dari kayu ini membentuk banyak kelokan dan lengkungan sepanjang ratusan meter. Di jembatan, Anda bisa rehat sejenak, memanjakan1 diri, menikmati eloknya pemandangan alam.

Nah, tunggu apalagi. Jangan banyak buang waktu mencari tempat wisata akhir pekan. Cobalah berkunjung ke Pulau Tidung yang namanya mulai santer lantaran memiliki keindahan alam. Tak perlu juga memikirkan kondisi kocek Anda. Karena, harganya pasti terjangkau.